Selasa, 31 Agustus 2010

Tamasya Keliling NTT ( Part 1: Pulau Timor )

Sebagai orang asli NTT saya wajib mempromosikan daerah saya,,, ya hitung-hitung untuk kemajuan NTT. Kali ini mari menyimak tempat-tempat wisata di tanah Timor. Tempat-tempat yang wajib dikunjungi,, dan dijamin gak akan menyesal. Kalo kata orang Kupang.."talalu mantap kaka, Lu pasti son akan manyasal datang pi sana" hehehhe . Mari kita liat satu persatu. :)

Pantai Lasiana
Pantai nan landai sekitar 3,5 hektar atau tepatnya 35.065 persegi ini, berudara sejuk karena dinaungi pohon kelapa dan pohon lontar tua yang hingga kini masih produktif. Pantainya berpasir putih halus, lautnya biru, airnya jernih dengan debur ombak yang bergulung-gulung kecil, tenang. Keindahan pantai ini bukan karena fasilitas buatan, tetapi lebih karena karakter alamnya. Pantai Lasiana mempunyai topografi menarik, pada bagian barat terdapat perbukitan, sehingga keseluruhan kawasan ini mempunyai variasi unik, yaitu perpaduan antara perbukitan dan pantai. Di pantai Lasiana ini banyak didapati lopo-lopo yang berderet. Lopo-lopo adalah sebutan lokal untuk pondok yang dibangun menyerupai payung dengan tiang dari batang pohon kelapa atau kayu dan beratapkan ijuk, pelepah kelapa atau lontar, dan alang-alang.


Air Terjun Oenesu
Menyebut Oenesu bagi orang Kupang berarti menawarkan bersantai di suasana segar. Sebagai salah satu dari sedikit air terjun yang ada di Kupang, tempat wisata air terjun Oenesu menjadi pemberhentian sejenak bagi warga Kupang mereguk segarnya hawa yang ditawarkan tempat ini.Lokasi ini berjarak kurang lebih 17 km dari Kupang dan jalan menuju tempat ini cukup baik.
Begitu sampai di lokasi maka anda akan disambut dengan genangan air yang merupakan bagian atas air terjun. Debit air terjun ini cukup stabil, pada musim kering sekalipun debit air masih lumayan dapat dinikmati.




Pantai Tablolong ( Surga Para Pemancing )
Pantai Tablolong adalah pantai yang terletak antara pulau Rote dan pulau Timor. Tiap tahun, pemerintah NTT rutin menggelar turnamen memancing internasional di selat ini. Perairan sejauh 10 mil dari garis pantai Tablolong itu merupakan jalur migrasi ikan dari laut Timor menuju laut Sawu. Lokasi ini dapat ditempuh dari kota Kupang dengan mobil dan sepeda motor dengan perjalanan selama satu jam. Jalanan yang berkelok-kelok dengan rumah-rumah penduduk yang masih tradisional juga merupakan sensasi sendiri. Umumnya penduduk Tablolong merupakan keturunan asal pulau Rote yang dibawa Belanda di zaman penjajahan.


Pantai Kolbano
Bagi kebanyakan wisatawan mengunjungi pesisir pantai yang dipenuhi hamparan pasir putih atau pasir hitam merupakan hal biasa yang dapat kita lihat, namun bagaimana dengan pesisir pantai yang dipenuhi hamparan batu berwarna-warni yang sangat indah dan unik, bisa jadi menjadi pemandangan baru bagi Anda. Ini bisa Anda lihat dan rasakan hanya di sepanjang pesisir Pantai Kolbano.
Pantai Kolbano terletak di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pantai Kolbano terkenal dengan batu warnanya. Batu warna di pesisir Pantai Kolbano ini, memiliki bermacam ragam bentuk dan warna. Ada yang berwarna merah, hijau, kuning, hitam, bahkan batu yang bercorak pun ada. Juga ada batu yang memiliki tiga warna (merah, hitam dan krem).




Bagaimana? menarik kan tempat-tempat wisatanya.. satu hal wajib yang harus dilakukan sekarang adalah segera berkemas dan langsung menuju ke TKP gan.. :) .
Have a nice holiday.. :D


Putri Touor,, si Smith Delvis

dikutip dari: http://www.nttprov.go.id/

6 komentar:

  1. huwaaaa....cakeeeppp pantai2nya...menuju kesana perlu naek apa aja yaaa...

    nice share..

    BalasHapus
  2. ayo kesanana na,,hehehhehe (kompor: mode on)

    kalo dari jakarta ke kupang yang paling memungkinkan ya naek pesawat,,naek kapal laut,,bisa seminggu dijalan..hehhehehe
    Tapi kalo dari kota kupang ke tempat2 wisatanya pake mobil or motor juga bisa,,mau ngangkot juga bisa,,

    BalasHapus
  3. wow.. salut buat putri dengan tulisannya.saya sebagai orang kupang ucapin trimakasih krn km sdh menunjukan kupang kepada banyak orang. moga tulisan kamu memberkati banyak orang. amin

    BalasHapus
  4. tulisannya keren...... jadi kangen pengen pulang (hiks..hiks.. T,T)

    BalasHapus
  5. jadi pengen ke sana gan,, cari2 info tentang pulau sawu

    DOWNLOAD FILM GRATIS

    BalasHapus