Rabu, 01 September 2010

Tamasya Keliling NTT ( Part 2: Flores dan sekitarnya )

Tamasya ke Nusa Tenggara Timur emang gak ada matinya. Kali ini mari kita lihat-lihat tempat wisata NTT yang ada di jajaran utara NTT yakni pulau komodo yang paling barat sampe pulau alor yang paling timur. Sungguh Indah ciptaan Tuhan,,gak ada bosan-bosannya saya memandangi semua fenomena alam kampung halaman saya ini,,NTT emang TOP BGT deh.. :).. cekidot pren.. :D

Pulau Bidadari:
Pulau ini terletak di labuan bajo,kabupaten manggarai barat, NTT . Sebelumnya pulau ini sering dikenal dengan nama pulau bajo namun kemudian berganti nama menjadi pulau Bidadari (saya kurang tau tuh kenapa bisa berganti nama tapi kayaknya gara2 ada pergantian pihak yang manage pulau itu,,yang manage sekarang orang bule lho..sayang banget ya).



Yang paling menarik dari pulau ini adalah panorama wisata bahari...wuihhhh keren banget deh,,taman laut dan keanekaragaman ikan hias disana buat yang ngeliat gak tahan pengen segera nyemplung.



Aktivitas lain yg bisa anda lakukan adalah jalan jalan di atas pasir pink-nya. Kalau pasir tertimpa cahaya matahari warna pink berkilau akan memendar bak intan permata ( lebaaaaaayyyyyyyyy :D)




next,,
Taman Nasional Komodo:
Sejarahnya nih,,pada jaman dahulu kala (ceileh,,kayak dongeng,,hehehhehe) tepatnya tahun 1910 para pasukan belanda menerima laporan adanya monster naga yang mendiami sebuah pulau. Karena ini berita HOT langsung aja tuh segera diberitakan ke seluruh dunia lewat sebuah paper hindia belanda yang ditulis oleh Peter Ouwens, direktur Museum Zoologi di Bogor. Akhirnya W. Douglas Burden pun (dengan rasa penasaran yang mengebu-gebu :D ) melakukan ekspedisi ke pulau komodo tahun 1926 dan kemudian menjadi orang pertama yang memberi nama Komodo Dragon. Akhirnya taman komodo yang terdiri dari 3 pulau besar (Komodo, Rinca, Padar) ini pun dibangun pada tahun 1980 ( 6 tahun kemudian gw lahir,,hehehhe,,gak penting banget ya.. :D )



Yang paling menarik dari pulau ini ya sudah pasti karena ada komodonya disana. Kamu bisa liat secara langsung/live gimana lincahnya komodo itu bergerak kesana kemari,,langsung tanpa batas,,gak ada kandang2an,,tapi jangan lupa siap kabur kalo tiba-tiba si komodo datang mendekat. Kadang dia suka ngejar juga lho hehehhe. So paling aman kalo kesana mending sama pawangnya deh. Tapi kalo kamu berani silahkan belai-belai aja tuh komodo...hiiiiii....





next,,,yuhuuu
17 Pulau Riung:
Satu lagi,, 17 pulau Riung. Kalau jakarta punya Pulau Seribu, NTT punya 17 Pulau Riung yang terletak di Riung, kabupaten Ngada. Walaupun Cuma 17 pulau, tapi keindahannya saya rasa jauh lebih indah dari pulau seribu ( promosi : mode on ) hehehehehe.
Pulau – pulau itu adalah Pulau Pau, Pulau Borong, Pulau Ontoloe (terbesar), Pulau Dua, Pulau Kolong, Pulau Lainjawa, Pulau Besar, Pulau Halima (Pulau Nani), Pulau Patta, Pulau Rutong, Pulau Meja, Pulau Bampa (Pulau Tampa atau Pulau Tembang), Pulau Tiga (Pulau Panjang), Pulau Tembaga, Pulau Taor, Pulau Sui dan Pulau Wire ..okay..sudah semua disebutkan.




17 pulau riung ini menawarkan wisata pantai dengan hamparan pasir putih yang aduhai eloknya. Kamu bisa berjemur di pasir putih tiap pulau yang ingin kamu datangi, bebas memilih, dan siap diantar oleh petugas boat’nya. Asalkan jangan salah pilih pulau saja, karena ada beberapa pulau yang banyak ditinggali komodo dan kelelawar. Kelelawar yang hidup di salah satu pulau ini jumlahnya sampai ribuan, mungkin juga puluhan atau ratusan ribu, mungkin juga jutaan kali ya, saya sih gak pernah hitung,, ngeliat saja jumlahnya yang begitu banyak sudah cukup mengerikan dan mencekam buat saya,,,hehehhehehe tapi justru disitulah menariknya pulau ini.


nah,,keliatan kan kelelawar-kelelawarnya

Selain pasir putihnya kita juga bisa menikmati biotik-biotik menarik , ada juga terumbu karang yang pasti sangat menggoda kita untuk segera ber-snorkeling ria. Begitu cantik dan menarik wisata bahari disini. Tempat ini bisa menjadi salah satu tempat kunjungan wajib buat para pencinta wisata bahari.




next lagi
Danau Kelimutu atau Danau 3 Warna:
Danau ini terletak di kecamatan Wolowaru, kabupaten Ende,, and of course masih di wilayah NTT :) . Yang unik dari danau ini adalah tiga kubangan raksasa-nya. Masing-masing kubangan mempunyai warna air yang selalu berubah tiap tahunnya dan selalu berbeda satu sama lain.
Sangat menyenangkan kalau bisa menyaksikan danau ini dari arah dekat, tapi yang buat gak enak'nya kita harus menaiki ribuan anak tangga untuk bisa sampai ke bibir danau,,fhiuhhhh,,ngosh ngoshan deh..coz danau kelimutu ini terletak di ketinggian 1.631 meter dari permukaan laut. Selamat menikmati pendakian anda.. :)






next lagi :D
Lamalera (Penangkapan Ikan Paus) :
Lamalera adalah nama kampung yang terletak disebelah selatan pulau Lembata. Yang paling terkenal dari kampung ini adalah tradisi masyarakatnya menangkap ikan paus (NB: panjang paus dewasa kira2 75 kaki) hanya dengan menggunakan perkakas-perkakas sederhana yaitu perahu kecil,tombak, dan pisau ,,,tanpa jaring,tanpa granat,tanpa kapal besar..wow..fantastic..

Menurut Kepala Desa Lamalera, penangkapan ikan paus di Lamalera dilakukan setiap musim LEVA, yakni Mei sampai November, jadi kalau mau menyaksikan langsung,, datanglah pada bulan-bulan tersebut.

Sekilas dilihat sepertinya masyarakat ini akan memusnahkan habitat ikan paus, namun jika dilihat lebih jauh mereka tidak seperti itu. Yang perlu ditegaskan adalah mereka bukan 'memburu' tapi 'menangkap' ikan paus. Kabarnya dalam menangkap ikan paus pun mereka memilih ikan yang sudah dewasa, agara tidak memusnahkan populasinya. Jumlah ikan yang ditangkap pun bukanlah sebanyak-banyaknya tapi secukup-cukupnya untuk persediaan makanan di kampung mereka. :)



the last 'next'
Taman Laut Pantar:
Tempat lain yang bisa dikunjungi para diver di NTT adalah Taman laut Selat Pantar yang terletak di Kabupaten Alor. Disana ada 26 titik diving yang elok yaitu, Half Moon Bay, Peter's Prize, Crocodile Rook, Cave Point, The Edge, Coral Clitts, Baeylon, The Arch, Fallt Line, The Pacth, Nite Delht, Kal's Dream, The Ball, Trip Top, The Mlai Hall, No Man's Land, The Chatedral,
School's Ut, dan Shark Close.
Whaaattt?? Shark Close..??? hehehhehe iya benar Shark Close, karena di titik ini para diver bisa sangat (red.SANGAT) bedekatan dengan hiu-hiu disana. Hiu-hiu ini sangat bersahabat. So buat yang hobby diving kayaknya belom lengkap kalo belom kesana.. :)






Mari kunjungi kampung saya,,dijamin gak bakal nyesel.. :)

Putri Touor, si Smith Delvis

4 komentar:

  1. i would like more information on traveling to Lamalera, Riau and Laut Taman Pantar. Tau bahasa Inggris?

    contact me
    balizumba@gmail.com

    makassi
    Wayan T

    BalasHapus
  2. wah promosi e ade putri ni.bagus ade,,tingkatkan

    BalasHapus
  3. wkakaka...enak keknya DT disana ya put..banyak aja t4 singgah..wkwkwk!

    BalasHapus
  4. bang abbas : o iya dong bang (red.sesuai pengalaman pribadi) hahahahaha

    BalasHapus